GRIYA TERNAK Mengucapkan terimaksih yang mendalam kepada Bpk.Noer sekeluarga-Sidoarjo, Bpk.Kholid-Jombang, Bpk Fauzi-Jombang,Bpk.Sulistono-Jbg, Bpk Syamsudin-Jbg,mitra kami yang ada di Jombang,Jogja, Surabaya,Sidoarjo,Mojokerto,Tuban, Tulung Agung,Blitar, Kediri,Madiun,Nganjuk,Bojonegoro,Jember,dan seluruh anggota PROGRAM TAQWA Herba Organic Chicko yang telah mempercayakan pengadaan hewan qurban kepada Kami, Insya Alloh ditahun mendatang kami akan berupaya memberikan pelayanan yang lebih Baik Lagi.

Go Ternak Indonesia


Usaha budidaya ternak ruminansia (kambing,domba, sapi) di Indonesia sangatlah menjanjikan karena memilki daya dukung Sumber Daya Alam yang melimpah serta memilki pangsa pasar yang sangat luas untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri ataupun pasar ekspor. Disamping itu ternak ruminansia memiliki posisi yang strategis sebagai hewan qurban bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam.Dalam budidaya ternak Sapi, Kambing dan Domba perlu di perhatikan beberapa hal yang mendukung keberhasilan untuk mendapatkan keuntungan yang masimal.Diantaranya adalah efisensi biaya pakan dan perawatan.Penggemukan dengan system intensif (kereman) akan memudahkan dalam perawatan dan menekan jumlah tenaga kerja, sedangkan penggunaan complete feed sebagai makanan harian akan mengefisienkan tenaga, biaya dan pertambahan berat badan harian jika dibandingkan dengan menggunakan rumput segar atau cara full tradisional.


Domba merupakan ternak ruminansia (memamah biak) kecil yang layak dikembangkan. Hal ini karena segudang keunggulan dalam beternak domba, yaitu tidak membutuhkan modal yang besar, teknik pemeliharaan yang relatif mudah, dan dengan  manajemen yang baik perputaran modal usaha ternak domba relatif cepat. Potensi pasar juga cukup menjanjikan mengingat kebutuhan ternak untuk pasar dalam negeri cukup besar. 

Ide bisnisnya adalah kami berusaha untuk membangun sebuah peternakan yang mampu  memberikan hasil yang berkualitas dan dalam kuantitas yang semakin meningkat, mengingat banyak usaha sejenis yang masih tradisional sulit untuk memproduksi dalam kuantitas tertentu karena lemahnya manajemen. Dalam praktiknya bisnis dalam industri peternakan terbagi  menjadi 3(tiga) besar yakni; pembibitan, penggemukan dan pakan. Dan Kami telah memulai bisnis ini sejak tahun 2002 fokus pada penggemukan dan Pakan. Dikarenakan bisnis penggemukan Domba yang telah memasyarakat, maka saat ini yang menjadi kendala bagi para peternak adalah pengadaan bibit Domba yang berkualitas dirasakan mulai sulit. Oleh karena itu saat ini adalah moment yang sangat tepat untuk focus pada pembibitan (breeding) Domba, untuk memenuhi kebutuhan permintaan bibit Domba yang cukup signifikan.


SIMULASI USAHA PENGGEMUKAN DOMBA

KETERANGAN
JUMLAH
Modal Tetap :
Kandang kapasitas 100 ekor

Modal Kerja:
Bibit domba berat 20kg x 100 x Rp 30,000
Pakan 90 hari x Rp.2800 x 100

TOTAL MODAL

Rp.   20.000.000


Rp.   60.000.000
Rp.   25.200.000

Rp.105.200.000
Kenaikan berat badan 5kg/bulan
Penggemukan 3 bulan,Berat per ekor Domba menjadi 35 kg

Hasil Penjualan 100 x 35kg x 30,000
Modal kerja
Laba Sementara
Gaji Karyawan/periode
Listrik & operasional
Penyusutan kandang

LABA BERSIH



Rp. 105.000.000
Rp.   85.000.000
Rp.   20.000.000
Rp.     2.250.000
Rp.        600.000
Rp.     2.500.000

Rp.  14.650.000


Catatan:
1.      Dengan formula pakan yang baik dan optimal serta pemilihan bibit domba yang bagus, kenaikan berat badan dilapangan bisa mencapai 7 kg / bulan.
2.      Modal tetap disusutkan tiap periode panen (3 bulan sekali)
3.      Idealnya 1 orang karyawan mampu menangani 200 ekor domba dengan tugas memberi pakan, dan minum serta membersihkan kandang pagi dan sore.
4.      Hasil sampingan seperti pupuk cair dan padat belum diperhitungkan.

Konsultasi Usaha Hubungi Call Center 0812 3312 9267 email:griyaternak@yahoo.com

Mari Berkarya Majulah Ternak Indonesia