GRIYA TERNAK Mengucapkan terimaksih yang mendalam kepada Bpk.Noer sekeluarga-Sidoarjo, Bpk.Kholid-Jombang, Bpk Fauzi-Jombang,Bpk.Sulistono-Jbg, Bpk Syamsudin-Jbg,mitra kami yang ada di Jombang,Jogja, Surabaya,Sidoarjo,Mojokerto,Tuban, Tulung Agung,Blitar, Kediri,Madiun,Nganjuk,Bojonegoro,Jember,dan seluruh anggota PROGRAM TAQWA Herba Organic Chicko yang telah mempercayakan pengadaan hewan qurban kepada Kami, Insya Alloh ditahun mendatang kami akan berupaya memberikan pelayanan yang lebih Baik Lagi.

Domba & Kambing Yang Kian Langka


Fenomena penyembelehan kambing/domba betina produktif semakin menghawatirkan.harga betina yang sangat murah menjadi alasan para pedagang sate, dbahan pertimbangan. Dari tahun –ketahun ketersediaan bibit kambing/domba sudah dirasakan semakin sulit dikarenakan populasinya semakin berkurang yang diakibatkan oleh penyembelehan betina produktif yang juga dari tahunn ketahun selalu bertambah sangat signifikan. 

Data yang diperoleh oleh penulis, untuk mensuplay kebutuhan 2 lembaga penyedia aqiqah di kota surabaya saja mencapai 1000 ekor domba/kambing yang di potong dan sebagian besar adalah betina produktif yang disembelih, belum untuk mensuplay warung sate, depot , katering dan lain-lain. Dalam satu tahun untuk mensuplay 2 lembaga aqiqah ini saja setiap tahun 12.000 ekor yang disembelih di kota surbaya belum kota – kota besar lainnya, dan fenomena ini hampir terjadi merata diseluruh kota di pulai jawa. Jika tidak ada tindakan nyata dari komunitas peternak indonesia dan pemerintah untuk menangani hal ini, tidak menutup kemungkinan 5-10 tahun mendatang indonesia akan mengimpor kambing dari luar negeri.

Sungguh sangat disayangkan jika dengan potensi alam yang luar biasa, indonesia tidak bisa mencukupi kebutuhan daging kambing sendiri. Dan ini semua bisa benar – benar terjadi jika kita tidak segera mengambil tindakan dan mencari solusi terbaik untuk mencegah penyembelehan betina produktif.